ISLAM IBUKOTA

Perpustakaan JIC / October 5, 2017

DARI KRAMTUNG HINGGA KE BRUSSELS

PERPUSTAKAANJIC – Lembaga riset dan survei terkemuka, Pew Research Centers Forum on Religion & Public Life merilis laporan yang mengukuhkan Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbanyak, 203 juta jiwa, sekitar 13 persen dari total penduduk Muslim dunia. Meski secara demografis sangat besar, pada saat yang sama kebanyakan kaum Muslimin juga menghadapi masalah-masalah besar dalam berbagai bidang kehidupan, yang mempengaruhi kualitas penduduknya seperti kemiskinan, ketidakcerdasan, dan ketertinggalan, yang menyebabkan negara-negara tersebut tetap dalam keterbelakangan. Hal ini terjadi terutama berkaitan dengan berbagai masalah yang dihadapi kaum Muslimin sendiri, baik internal maupun eksternal yang membuat mereka menjadi tidak berdaya.

Buku Islam Ibukota ini diterbitkan oleh Jakarta Islamic Centre

Sungguh, saat ini kita sedang melewati sebuah kondisi yang kontras dengan paradigm pembangunan Islam. Dalam perspektif Islam, pembangunan sesungguhnya adalah pembangunan manusia seutuhnya yang berorientasi pada pencapaian kebahagiaan di dunia dan akhirat. Atas dasar ini, Islam menjadi dasar dan system yang diberlakukan secara menyeluruh dalam pembangunan. Hasilnya, bukan saja kemajuan, namun lebih dari itu, lahirnya sebuah peradaban agung yang belum pernah ada sebelumnya dan mampu bertahan selama 14 abad. Hal ini diperkuat oleh pengakuan sejarahwan Barat, Will Durant dalam bukunya The Story of Civilization sebagai berikut:

“…Islam telah menguasai hati ratusan bangsa di negeri-negeri yang terbentang mulai dari Cina, Indonesia, India, hingga Persia, Syam, Jazirah Arab, Mesir Bahkan hingga Maroko dan Spanyol… Islam telah menjamin seluruh dunia dengan rumah sakit yang layak dan memenuhi keperluan mereka, merawat orang-orang sakit tanpa bayaran dan menyediakan obat-obatan gratis. Para sejarahwan berkata bahwa cahayanya tetap bersinar tidak pernah padam selama 267 tahun.”

Belajar dari apa yang telah terjadi hingga saat ini, menjadi penting bagi kita, khususnya Jakarta Islamic Centre, lembaga agama bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan umat untuk mulai melakukan kerja besar, kerja peradaban untuk mengembalikan posisi kemuliaan masyarakat, umat dan negeri ini. Agar kembali pada ‘mimpi besar’ Islam “Rahmatan Lil Alamin”. Insya Allah.

Judul: Islam Ibukota

Penulis: Rakhmad Zailani Kiki, Paimun A. Karim & Erni Arie Susanti

Penerbit: Jakarta Islamic Centre

Related Post

Tags: , , , , ,



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *