MANAJEMEN & SILABUS MAJELIS TAKLIM

Perpustakaan JIC / September 26, 2017

PERPUSTAKAANJIC – Peran majelis taklim saat ini semakin strategis. Hal ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah yang telah menjadikan majelis taklim sebagai sub sistem Pendidikan nasional sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor  20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 30 tentang Pendidikan Keagamaan.

Buku Manejemen & Silabus Majelis Taklim Karya JIC

Istilah majelis taklim, berdasarkan akar katanya tersusun dari gabungan dua kata : majelis yang berarti (tempat) dan taklim yang berarti (pengajaran) yang berarti tempat pengajaran atau pengajian bagi orang-orang yang ingin mendalami ajaran-ajaran Islam sebagai sarana dakwah dan pengajaran agama. Secara fungsi, majelis taklim memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai lembaga dakwah dan lembaga pendidikan non formal. Majelis taklim juga merupakan wahana interaksi dan komunikasi yang kuat antra masyarakat awam dengan para mualim, dan antara sesama anggota jamaah majelis taklim tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.

Namun keberadaan majelis taklim hendaknya didukung dengan manajemen yang baik, SDM yang professional (ahli dibidangnya) dan kurikulum yang sistematik dan berkesinambungan, karena secara realitas banyak ditemukan majelis taklim yang dikelola apa adanya, SDM yang lemah serta pola pengajaran dan pembelajaran yang tidak sistematik, akibatnya terjadi ketidakteraturan dan tumpeng tindih antara ustadz/ustadzah yang satu dengan yang lainnya dalam penyampaian materi taklim.

Sebagai lembaga pengkajian dan pengembangan Islam, Jakarta Islamic Centre memiliki kesadaran moral untuk memberikan pandangan yang utuh dengan merumuskan manajemen dan silabus majelis taklim di Indonesia khususnya di Jakarta. Pada akhirnya diharapkan terwujud sebuah panduan pengelolaan majelis taklim yang baku dan komprehensif dalam melaksanakan pembinaan dan pembelajaran di majelis taklim sehingga berdaya guna di tengah-tengah masyarakatnya.

Judul: Manejemen & Silabus Majelis Taklim

Penulis: Dr. KH. M. Hamdan Rasyid, MA, dkk

Penerbit: Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (JIC)

Related Post

Tags: , , , ,



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *